RSS

Menkominfo: Tarif Internet Sudah Turun 20-80 Persen

01 Jun

SURABAYA— Tarif internet secara nasional dinilai kian terjangkau karena beberapa operator sebagai penyedia jasa internet telah menurunkan tarifnya. Tingkat penurunan tarif bervariasi sesuai kemampuan masing-masing operator.

“Penurunan tarif internet yang mereka berlakukan antara 20 dan 80 persen. Melalui besaran nilai penurunannya, saya rasa sudah cukup memudahkan pengguna jasa internet di negeri ini,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi RI Mohammad Nuh di sela-sela kunjungannya ke Jembatan Suramadu, Jumat (29/5).

Menurut dia, kini beberapa operator telekomunikasi memang sudah menurunkan tarif internet meski pemerintah belum mengeluarkan aturan apa pun. Jadi, menurut Menkominfo, kini tak perlu menagih janji pemerintah untuk menurunkan tarif internet.

“Untuk Telkom, penurunan tarifnya antara 30 dan 40 persen. Indosat memberlakukan penurunan sekitar 20 persen, dan Exelcomindo antara 20 dan 80 persen. Kami akui, besaran penurunannya tergantung dari kebijakan masing-masing ISP,” katanya.

Mengenai detail nominal penurunan tarif internet itu, pihaknya mengaku tak hafal secara pasti, apalagi penurunan tarifnya bergantung pada besar kecepatan internet yang tersedia.

“Itu semua kan tergantung berapa kilobyte per second (kbps) yang tersedia. Tentu saja, untuk yang kecepatan 64 kbps, 124 kpbs, atau 512 kbps, tarifnya berbeda,” katanya.

Sebelumnya, Menkominfo menyatakan bahwa pemerintah berupaya menurunkan tarif internet bulan ini. Penurunan tersebut bisa dilakukan melalui regulasi yang dapat menciptakan iklim kompetitif.

 
 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: