RSS

Antisipasi Flu Babi, ABK Kapal Asing Diperiksa

18 Mei

clip_image00df1 Wabah flu babi yang sudah terjadi di 20 negara mengharuskan petugas kesehatan di setiap pintu masuk ke wilayah Indonesia lebih waspada. Terkait dengan itu, petugas kesehatan kawasan laut Merak, Banten, memeriksa anak buah kapal (ABK) sejumlah kapal tanker dan barang dari berbagai negara, Selasa (5/5). Petugas juga mengambil sampel daging yang dikonsumsi para ABK dan contoh air bersih yang berada di atas kapal mereka.

Hal serupa dilakukan tim karantina kesehatan di Pelabuhan Sri Bintan Pura, di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Tim ini memeriksa kesehatan setiap penumpang yang baru datang dari luar negeri. Namun, di Bandara International Minangkabau, Padang, Sumatra Barat, justru belum ada alat pendeteksi panas tubuh yang digunakan untuk mendeteksi virus flu babi. Padahal bandara ini merupakan salah satu pintu masuk ke Indonesia.

Keluhan akan dampak flu babi dilontarkan para pedagang daging babi di Semarang, Jawa Tengah. Meski tidak menular dari daging, konsumen lebih memilih berhati-hati dengan tidak mengkonsumsi babi. Akibatnya penjualan pun menurun.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus H1N1, petugas Dinas Peternakan Wonosobo, Jateng, melakukan penyemprotan kandang babi yang berada dalam satu kompleks di Kecamatan Kretek, Wonosobo.

Sementara itu dari Meksiko dilaporkan, Presiden Meksiko mengumumkan akan membuka kembali sejumlah fasilitas umum besok. Hal ini dilakukan menyusul sudah terlewatinya masa kritis flu babi. Itu setelah melambannya jumlah pertambahan kasus dan kian membaiknya kondisi para pasien flu babi.

Namun Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan agar Meksiko tidak mengendurkan kewaspadaan. Hingga kini status siaga wabah masih level lima, kendati sudah ada 1.276 kasus positif flu babi di 20 negara. Sekitar 25 orang di antaranya meninggal dunia di Meksiko dan satu korban jiwa tercatat di Amerika Serikat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 18, 2009 in Kesehatan

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: